Wednesday, March 23, 2016

Mengapa Fatamorgana Hanya Terlihat dari Kejauhan?


Mengapa Fatmorgana Hanya Dapat Terlihat dari Kejauhan? - Fatamorgana adalah sebuah fenomena yang terjadi, di mana tampak gambar suatu objek yang sebenarnya tidak ada di sana. Ini dihasilkan karena adanya pembiasan cahaya matahari oleh atmosfer.

Pembiasan cahaya dapat terjadi ketika cahaya bergerak melalui satu jenis material ke material lainnya yang memiliki kerapatan yang berbeda.

Sebagai contoh, cahaya yang bergerak melalui udara kemudian masuk ke dalam air. Selain itu, cahaya juga dapat dibiaskan saat melewati wilayah udara hangat ke wilayah udara dingin, atau sebaliknya karena udara dingin memiliki kerapatan yang lebih tinggi daripada udara hangat.

Fatamorgana akan terlihat pada jarak yang jauh karena bumi itu bulat. Jika bumi datar, cahaya yang dibelokkan akan mencapai tanah sangat dekat dengan tempat di mana cahaya tidak dibelokkan, dan fatamorgana akan bisa dilihat pada jarak yang sangat dekat.

Sebagai contoh yang menarik dari fenomena ini terjadi pada 1596, ketika sebuah kapal mencari kapal yang terperangkap di es jauh di utara Samudra Atlantik dan kru harus tinggal di sana sepanjang musim dingin.

Karena cahaya matahari dibiaskan dalam kurva mengikuti kelengkungan bumi, para kru seakan dapat melihat cahaya matahari dua minggu lebih awal.
Sekianlah artikel Mengapa Fatamorgana Hanya Terlihat dari Kejauhan? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengapa Fatamorgana Hanya Terlihat dari Kejauhan? dengan alamat link https://lostvalleyconnect.blogspot.com/2016/03/mengapa-fatamorgana-hanya-terlihat-dari.html

Best Regards,VedroIX

0 comments:

Post a Comment