Monday, April 25, 2016

Berapa Jauh Manusia Dapat Pergi ke Inti Bumi?


Berapa Jauh Manusia Dapat Pergi Ke Inti? - Para ilmuwan selalu berpikir untuk membawa umat manusia jauh ke luar angkasa, namun jarang terpikir untuk melakukan perjalanan ke inti Bumi. Sebenarnya, berapa jauh umat manusia dapat masuk ke dalam tanah?

Seperti dikutip dari Extreme Tech, Minggu (24/4/2016), sepanjang sejarah, umat manusia baru dapat melakukan perjalanan sejauh 12 kilometer, atau 0,2 persen menuju inti Bumi. Walaupun umat manusia dapat pergi lebih dalam, namun hal itu sangat tidak dianjurkan.

Jawabannya terletak pada suhu. Dalam perjalanan menuju inti Bumi, suhu akan semakin meningkat secara drastis. Di kerak bumi, suhu akan meningkat 25 derajat dalam setiap satu kilometer perjalanan. Ini berarti, Jika Anda masuk sedalam 10 kilometer, maka suhu bisa berkisar 250 derajat.

Setelah keluar dari kerak Bumi, Anda akan dihadapkan dengan lapisan mantel Bumi. Dalam lapisan ini, suhu akan berkisar 650-1.220 derajat celcius. Berkaca dari hal ini, butuh teknologi tinggi untuk dapat melakukan perjalanan ke inti Bumi.

Sejauh ini, pengeboran paling dalam dilakukan oleh Rusia. Dalam proyek yang bernama Kola Superdeep Borehole ini, pengeboran harus berhenti di kedalaman 12 kilometer. Pada waktu itu, proyek dihentikan karena dirasa terlalu berbahaya.

Regards, VedroIX
Sekianlah artikel Berapa Jauh Manusia Dapat Pergi ke Inti Bumi? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berapa Jauh Manusia Dapat Pergi ke Inti Bumi? dengan alamat link https://lostvalleyconnect.blogspot.com/2016/04/berapa-jauh-manusia-dapat-pergi-ke-inti.html

Best Regards,VedroIX

0 comments:

Post a Comment