Tuesday, May 24, 2016

Faktor Yang Membentuk Hidung


Faktor Yang Membentuk Hidung - Manusia memiki bermacam bentuk hidung mulai dari mancung, pesek, seperti paruh hidung dan banyak lainnya. Banyak orang mengira bahwa bentuk hidung adalah bawaan keturunan, namun ilmuwan telah menemukan bahwa beberapa faktor lainnya juga ikut menentukan bentuk hidung.

Menurut Live Science, Senin (23/5/2016), ilmuwan dari University College London meneliti hampir 6.000 orang di Kolombia, Peru, Brasil dan Meksiko yang telah berpartisipasi pada penelitia CANDELA, studi yang mempelajari perbedaan biological orang di Amerika Latin. Peserta yang mengikuti studi adalah orang campuran Aucasia, Afrika dan penduduk asli keturunan Amerika, menciptakan berbagai fitur wajah. Penelitian terakhir dari populasi ini telah mengidentifikasi gen yang membuat orang tampak ras abu-abu.

Tim ini menganalisis fitur wajah peserta, dan juga melakukan rekonstruksi 3D untuk 3.000 peserta untuk mendapatkan pengukuran yang tepat dari fitur wajah mereka. Kemudian, tim melihat genom orang-orang ini, dan mengidentifikasi tiga gen yang dikenal untuk mendorong pertumbuhan tulang dan tulang rawan yang juga tampaknya memprediksi bentuk hidung.

Dua gen, yang disebut GLI3 dan PAX1, tampaknya memiliki dampak yang besar terhadap lebar lubang hidung. Sementara yang lain, yang disebut DCH2, menentukan bentuk ujung hidung. Gen keempat, yang disebut Runx2, dikaitkan dengan luasnya batang hidung.

Menariknya, tiga dari gen ini yaitu GLI3, Runx2 dan DCH2 tampaknya telah berubah lebih banyak belum lama ini ke manusia modern dibandingkan dengan pada zaman dahulu, seperti selama evolusi manusia purba, termasuk Neanderthal dan Denisovans. Temuan ini menunjukkan bahwa gen telah berada di bawah tekanan kuat dari seleksi alam di masa lalu yang lebih baru, menurut para peneliti.

Artinya, keturunan memang menentukan bentuk hidung. Namun, kondisi lingkungan dan banyak alasan alamiah lainnya yang menyebabkan seseorang memiliki bentuk hidung tertentu.

Sementara itu, penelitian ini sangat penting untuk memprediksi bentuk hidung manusia. Penelitian juga menyumbang studi untuk fisiologi DNA.

Regards, VedroIX

Sekianlah artikel Faktor Yang Membentuk Hidung kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Faktor Yang Membentuk Hidung dengan alamat link https://lostvalleyconnect.blogspot.com/2016/05/faktor-yang-membentuk-hidung_24.html

Best Regards,Bintang Tobing

0 comments:

Post a Comment