Thursday, June 16, 2016

5 Hal Yang Dapat Merusak Konsentarsi


5 Hal Yang Dapat Merusak Konsentrasi - Mengalami masalah dengan konsentrasi dapat membuat hari menjadi sangat menyebalkan. Kehilangan konsentrasi bisa mengganggu kegiatan sehari-hari, hingga dapat merusak hubungan dengan lingkungan.

Banyak orang mengira sulit konsentrasi karena kekurangan asupan nutrisi ke otak. Melansir laman WebMD, ternyata beberapa hal dalam keseharian dapat menjadi pembunuh konsentrasi.

1. Media Sosial

Semakin banyaknya media sosial yang tumbuh saat ini memang memudahkan untuk mengetahui kabar terbaru dari teman-teman. Namun siapa sangka, media sosial juga menjadi hal yang dapat membunuh konsentrasi seseorang.

Menurut psikolog Lucy Jo Palladino, tanpa disadari, semua unggahan atau status terbaru dari teman di media sosial dapat membuat seseorang menghabiskan waktu percuma. Mengamati banyaknya unggahan yang berseliweran juga membuat otak terdistraksi dan memaksa berpikir untuk menunda pekerjaan.

Palladino menyarankan untuk tidak masuk ke media sosial ketika bekerja. Bila godaan itu terlalu kuat, pastikan Anda melakukannya saat beristirahat karena tak akan mengganggu konsentrasi. Atau cara yang lebih ekstrem lagi, gunakan komputer yang tak ada akses internet selama beberapa jam saat bekerja.

2. E-mail

Mengecek surat elektronik (surel) atau e-mail setiap pagi untuk memastikan pekerjaan berjalan dengan semestinya menjadi sebuah kebiasaan para pekerja yang sibuk. Bukan hanya mengecek, bahkan tangan kadang gatal untuk langsung membalas surel yang terkadang datang  bertubi-tubi.

Walaupun mungkin masih terkait dengan pekerjaan, terus-terusan membalas surel nyatanya kadang menghabiskan waktu yang sebenarnya bisa digunakan untuk membuat kemajuan dalam bekerja.

Cara yang paling tepat dalam memperlakukan surel adalah menyediakan waktu khusus untuk menyisir hujan surel yang datang. Setelahnya, surel dapat dimatikan dan Anda lebih bebas untuk konsentrasi.

3. Telepon

Telepon memang memudahkan komunikasi manusia. Namun karena tak ada lagi jarak dan waktu, kadang justru berimbas dari hilangnya kemampuan untuk berkonsentrasi. Semua karena sibuk menjawab telepon dan menghilangkan waktu untuk meningkatkan produktivitas.

Baiknya, gunakan kotak pesan untuk panggilan yang sekiranya tidak mendesak. Bila tengah bergelut dengan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi penuh, baiknya gunakan mode senyap pada telepon agar tak terganggu saat bekerja. Gunakan waktu khusus untuk mengecek semua pesan dan telepon yang masuk, ini lebih baik dibanding Anda mengorbankan konsentrasi saat bekerja.

4. Multitugas

Memiliki bakat untuk mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dalam waktu bersamaan rasanya menjadi impian banyak perusahaan terhadap karyawannya. Namun penelitian mengatakan bahwa seseorang kehilangan waktunya ketika beralih dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Hasilnya, justru mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus di waktu bersamaan membutuhkan durasi yang lebih lama.

Bila mungkin, buat prioritas dari pekerjaan-pekerjaan yang ada. Pastikan beri perhatian pada pekerjaan yang membutuhkan intensitas atau prioritas tinggi.

5. Obat-obatan

Beberapa obat-obatan diketahui justru membuat daya konsentrasi menurun. Pastikan ketika tengah melakukan terapi obat, Anda berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui dampak obat pada konsentrasi. Bila memang harus menggunakan obat penurun konsentrasi, takaran dosis atau kelas obat masih dapat didiskusikan dengan pihak dokter.

Regards, VedroIX
Sekianlah artikel 5 Hal Yang Dapat Merusak Konsentarsi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 5 Hal Yang Dapat Merusak Konsentarsi dengan alamat link https://lostvalleyconnect.blogspot.com/2016/06/5-hal-yang-dapat-merusak-konsentarsi_16.html

Best Regards,Bintang Tobing

0 comments:

Post a Comment