Monday, April 11, 2016

Tilt Brush, Aplikasi Baru Milik Google yang Memungkinkan Menggambar Di Dunia VR

(kredit: Google)

Tilt Brush, Aplikasi Baru Milik Google yang Memungkinkan Menggambar Di Dunia VR - Teknologi virtual reality saat ini seperti menjadi sebuah magnet yang menarik perhatian banyak kalangan. Hal tersebut karena teknologi ini berada di bidang hiburan. Selama ini, kebanyakan orang mengenal VR sebagai aplikasi/software gaming, seperti beradu balap dengan super car, atau bertarung dengan monster di pintu neraka. Namun sebenarnya virtual reality sendiri tak hanya sebatas pada game saja.

Bahkan virtual reality saat ini sudah menjadi pemandu turis di tempat wisata tertentu dan sebagai sarana edukasi yang memberikan pengetahuan tentang berbagai hal, seperti aplikasi Titan of Space yang mengenalkan kita tentang tata surya. Hal itu juga didukung Google yang kali ini tidak merilis aplikasi game VR, namun sebuah aplikasi yang memungkinkan kita menggambar di dunia virtual.

Aplikasi tersebut bernama Tilt Brush, yang diluncurkan oleh Google bagi Anda yang menggemari dunia seni sekaligus tertarik pada dunia virtual reality. Software ini memungkinkan kita menggambar secara 3D di dunia virtual reality. Tentu hasilnya bakal mengagumkan, karena semua imajinasi kita dapat kita tuangkan di sini.

Google sendiri telah memiliki headset VR yang disebut Google Cardboard, yang terdiri dari kardus, smartphone, dan dua lensa. Meski dibuat oleh Google, namun Tilt Brush tidak mendukung Google Cardboard. Sebaliknya, aplikasi ini mendukung platform gaming Steam, yang mendukung headset VR HTC Vive.

Dengan aplikasi Tilt Brush, Anda akan diajak mengelilingi sebuah ruang virtual yang mana Anda juga dapat menciptakan karya seni melalui bermacam kuas yang disediakan. Kuas tersebut dapat diakses dikendalikan menggunakan controler berbasis gerakan pada headset HTC Vive.

Tilt Brush Sample 3

Seperti yang dilansir di beritateknologi.com,untuk melukisnya, kanvas yang Anda gunakan sebenarnya adalah ruangan tempat Anda berada. Anda bisa melangkah maju, mundur, atau sesuka Anda dengan memasuki dimensi lukisan virtual yang Anda ciptakan. Karena ini merupakan dunia virtual atau dunia yang tidak sebenarnya, maka Anda dapat melukis dengan material yang tidak biasa, seperti lahar panas, bintang, salju, dan lain-lain.

Dengan semua keseruan yang dapat kita buat sendiri, Google hanya membanderol aplikasi Tilt Brush ini seharga $30 (Rp400 ribu) di Steam.


Sekianlah artikel Tilt Brush, Aplikasi Baru Milik Google yang Memungkinkan Menggambar Di Dunia VR kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tilt Brush, Aplikasi Baru Milik Google yang Memungkinkan Menggambar Di Dunia VR dengan alamat link https://lostvalleyconnect.blogspot.com/2016/04/tilt-brush-aplikasi-baru-milik-google_11.html

Best Regards,Bintang Tobing

0 comments:

Post a Comment