Friday, June 03, 2016

Jadikan Presentasimu Makin Powerful Dengan Langkah Ini


Jadikan Presentasimu Makin Powerful Dengan Langkah Ini - Pernahkah kamu melakukan presentasi di depan kelas? Sejak dulu mungkin kamu sudah sering melakukannya. Namun pertanyaannya, apakah cara presentasimu selama ini sudah benar? Sebagian orang masih banyak melakukan kesalahan saat melakukan presentasi. Salah satu yang sering terjadi adalah, mereka nggak membuat materi presentasi menjadi poin-poin ringkasan. Sehingga presentasi yang disajikan menjadi membingungkan. Oleh karena itu, yuk kita bahas apa saja langkah-langkah mempresentasikan penelitian dengan baik. Simak penjelasannya di bawah ini:



1. Menuliskan pokok-pokok hasil penelitian. Ada beberapa pokok penelitian yang perlu ada dalam presentasimu, di antaranya hal atau masalah yang diteliti, orang yang meneliti, waktu mengadakan penelitian, tempat penelitian dilakukan, sebab atau alasan sebuah penelitian dilakukan, proses penelitian dan hasil penelitian.
2. Meringkas hasil penelitian dengan kalimat yang runtut dan efektif. Kamu juga bisa meringkas hasil penelitian dengan cara merangkaikan pokok-pokok hasil penelitian.
3. Menjelaskan proses penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami.
4. Mempresentasikan ringkasan hasil penelitian dan proses penelitian dengan kalimat yang runtut, jelas, dan mudah dipahami.

Setelah menyajikan isi presentasi, lakukan langkah-langkah lanjutan di bawah ini:

1. Tanggapi pembicaraan dalam bentuk kritikan, sanggahan, atau dukungan.
2. Tambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan.
3. Catat pokok-pokok pembicaraan yang muncul dalam diskusi kelompok.
4. Rangkumlah seluruh pokok-pokok pembicaraan diskusi ke dalam beberapa kalimat.
5. Mintalah pendapat pada guru atau pembimbing.

Ternyata melakukan presentasi hasil penelitian nggak sulit, kan? Dengan melakukan presentasi yang baik, hasil penelitianmu akan bisa tersampaikan secara optimal. So, orang-orang yang mengikuti presentasimu akan mendapatkan manfaat sebanyak-banyaknya dari sesi itu. Nggak ada salahnya kan berusaha membuat presentasimu semakin menarik? 
Selamat mencoba
Best regards,Bintang Jeremia Tobing
Sekianlah artikel Jadikan Presentasimu Makin Powerful Dengan Langkah Ini kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Jadikan Presentasimu Makin Powerful Dengan Langkah Ini dengan alamat link https://lostvalleyconnect.blogspot.com/2016/06/Jadikan-Presentasimu-Makin-Powerful-Dengan-Langkah-Ini.html

Best Regards,Bintang Tobing

0 comments:

Post a Comment