Saturday, June 18, 2016

4 Hal yang perlu dilakukan agar meraih berkah Ramadan


4 Hal yang perlu dilakukan agar meraih berkah Ramadan - Bulan Ramadan adalah bulan suci yang penuh berkah. Setiap ibadah yang dilakukan di bulan tersebut akan diganjar berlipat pahala oleh Allah SWT. Akan tetapi butuh bekal untuk meraih semua berkah dan keistimewaan itu. Ada 4 hal yang perlu dilakukan untuk meraih berkah Ramadan agar terasa bermakna dikutip dari buku Ramadankan Dirimu, karangan Ishaq Subu.


1. Berilmu sebelum beramal

Ilmu ialah bekal utama untuk bisa beramal saleh. Demikian juga dengan puasa Ramadan. Walau pun berulang setiap tahun tetap saja banyak kaum muslim yang tidak tahu hukum-hukumnya. Seperti tempat-tempat maksiat masih ramai, para muda mudi masih lebih senang nongkrong dari pada ibadah di masjid dan masih banyak lagi fenomena lain yang sering terlihat di bulan Ramadan.

Jadi bila kaum muslim sudah mengantongi ilmu soal Ramdan, semua hal buruk pasti bakal dihindari.

2. Membiasakan diri beramal saleh

Sebelum datangnya bulan Ramadan, ada baiknya umat Islam membiasakan diri dengan amal-amal saleh. Seperti puasa sunnah karena Rasulullah sendiri sering kali puasa sunnah di bulan-bulan lain. 

"Aisyah berkata: Saya tidak pernah melihat Rasulullah menyempurnakan puasa sebulan selain Ramadan, dana saya tidak melihatnya berpuasa lebih banyak dalam sebulan selain Syaban". (HR Bukhari dan Muslim).

Dengan terbiasanya puasa sunnah, maka orang muslim tidak lagi berat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

3. Istimrar (Kontinu) dalam ibadah

Sebagian umat Islam menganggap Ramadan hanya musim ibadah. Ramadan tiba, semangat ibadah muncul. Namun jika Ramadan berlalu maka aktivitas ibadah terhenti. 

Padahal Allah memerintahkan untuk istimrar dalam ibadah. "Beribadahlah kepada Rabbmu sampai datang kepadamu yang diyakini (kematian)". (QS al Hijr 99).

Rasulullah juga mengatakan bahwa, "Amalan yang paling dicintai Allah adalah yang dilakukan kontinu meski sedikit". (HR Bukhari dari Aisyah).

Semestinya ketika Ramadan usai tetap istiqamah dalam ibadah. Banyak ibadah yang dianjurkan setelah Ramadan. Di antaranya adalah puasa enam hari di bulan syawal. 

"Barang siapa yang berpuasa Ramadan lallu mengikutinya (dengan puasa) enam hari di bulan Syawal, maka dia seolah-olah berpuasa setahun". (HR Jamaah kecuali Bukhari dan al Nasai).


4. Banyak berdoa

Doa adalah senjata orang mukmin. Seperti dalam surat Alfatihah ayat 5,"Hanya kepadamu kami menyembah dan hanya kepadamu kami mohon pertolongan".

Di sini ada isyarat bahwa ibadah kepada Allah hanya mampu kita lakukan dengan sebaik-baiknya atas pertolongan Allah. Tanpa itu, tidak akan bisa menunaikannya.

Oleh sebab itu, perbanyaklah berdoa agar mendapatkan Ramadan. Berdoalah supaya bisa dimudahkan mengisinya dengan ibadah sebaik mungkin.

Best Regard,Bintang Jeremia Tobing

Sekianlah artikel 4 Hal yang perlu dilakukan agar meraih berkah Ramadan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 4 Hal yang perlu dilakukan agar meraih berkah Ramadan dengan alamat link https://lostvalleyconnect.blogspot.com/2016/06/4-hal-yang-perlu-dilakukan-agar-meraih-berkah-ramadhan.html

Best Regards,Bintang Tobing

0 comments:

Post a Comment